Jumat, 28 Juni 2013

Perusahan L’Oréal




Tentang L’Oréal

Dengan pengalaman selama 100 tahun di industri kecantikan, saat ini Grup L’Oréal merupakan perusahaan kecantikan nomor satu di dunia dengan angka penjualan konsolidasi sebesar 17,5 milyar Euro di tahun 2008. Dengan total karyawan sebanyak 67.662 orang di seluruh dunia, L’Oréal hadir di 130 negara melalui 23 brand internasional dengan portfolio yang beragam namun saling melengkapi.Sebagai investor terbesar industri kecantikan di bidang riset dan pengembangan, L’Oréal senantiasa menjamin inovasi dan nilai tambah di setiap produknya.Saat ini L’Oréal memiliki 18 pusat riset yang tersebar di Eropa, Asia dan Amerika dengan 3.268 orang staf peneliti yang menghasilkan sekitar 5000 formula setiap tahunnya.

Bisnis L’Oréal
  • Grup kosmetika no 1 di dunia
  • Seabad keahlian di bidang kosmetika
  • 20,3 milyar Euro penjualan gabungan di tahun 2011
  • 27 brand* global
  • 130 negara
  • 68.900 karyawan
  • 613 paten didaftarkan di tahun 2011.
Fakta dan angka-angka penting Grup L'Oréal tahun 2011:
  • Lebih dari 100 tahun keahlian dalam kosmetik
  • 5 area keahlian utama: perawatan rambut, pewarna rambut, perawatan kulit, tata rias & wewangian
  • 27 merek global*
  • Produk-produk yang didistribusikan di 130 negara
  • 20,3 milyar Euro penjualan gabungan di tahun 2011
  • 721 juta euro investasi dalam R&D
  • 613 paten didaftarkan di tahun 2011
  • 68.900 karyawan di dunia
 Program Magang

Lebih dari 2.700 pemagang menyelesaikan programnya di L'Oréal di tahun 2007. Geoff Skingsley, Human Resources Executive Vice-President L'Oréal, mengatakan: "Kami menghasilkan sendiri para pemimpin kami dan mempersiapkan mereka untuk itu. Jika Anda tertarik, datang dan bergabunglah bersana kami!". Program magang kami, di Prancis dan di seluruh dunia, terbuka bagi mahasiswa universitas, sekolah bisnis maupun teknik. Periode program beragam, mulai dari 3 bulan sampai satu tahun sepanjang tahunnya di berbagai divisi Perusahaan (Research, Operations, Finance, Information Systems, Marketing, Sales, Communications, Human Resources). 

Ekspresikan kepribadian Anda 

Kami tidak sekedar mencari keahlian teknis dan kualifikasi, tapi kami juga mencari talenta-talenta muda berbakat yang dapat mengekspresikan kelebihan pribadi mereka yang beragam untuk berkontribusi dalam project dan misi yang menantang dan dinamis.Keragaman budaya yang kaya dalam Grup kami menjadi rahasia keberhasilan kami. Kami mencari para pelajar dari beragam profil, kebangsaan dan pengalaman. Yang lebih pentingnya lagi, kami mencari antusiasme, kreativitas, ambisi dan kemampuan Anda untuk membuat kesuksesan. Bakat Anda... bagi dunia kecantikan.

Pengalaman untuk belajar

Melakukan magang di L'Oréal adalah langkah pertama untuk mengerti tentang profesi, kesempatan untuk bekerja menjadi bagian dari sebuah tim, dan mengerti budaya perusahaan kami. Ini juga menjadi kesempatan untuk menunjukkan kemampuan Anda - kami mencari bakat yang berpontensi untuk bergabung bersama kami di kemudian hari. Tahun lalu, lebih dari 55% dari manajer muda (yang tidak memiliki pengalaman sebelumnya) yang direkrut di Perancis, merupakan mereka yang sebelumnya telah mengikuti program magang di L'Oreal. Secara global, 28% lulusan yang kami rekrut merupakan lulusan program magang.
Apapun hasil dari program magang yang Anda ikuti, Anda akan mendapatkan pengalaman berharga yang mempersiapkan Anda memasuki dunia karir profesional. Untuk membantu Anda berintegrasi dengan L'Oreal, kami menawarkan:
  • pemantauan pengembangan pribadi di awal, pertengahan, dan akhir masa magang.
  • sesi pertemuan kelompok
  • intranet khusus "pemagang" di mana Anda dapat membuat jaringan sendiri dan berbagi pengalaman dengan pemagang lainnya.

Pola Perekrutan Karyawan Pada Perusahaan L'Oreal


Salah satu elemen penting dalam perusahaan adalah faktor sumber daya manusia (SDM). SDM memiliki peranan yang sangat penting dalam menjalankan operasi yang dibutuhkan perusahaan sekaligus sebagai ujung tombak untuk mempertahankan eksistensi perusahaan. Sehingga banyak perusahaan yang berani membayar mahal karyawannya ataupun mendatangkan ekspatriat asing karena mereka memang dianggap sebagai asset perusahaan yang tidak ternilai.
Namun untuk membayar mahal seorang karyawan ataupun mendatangkan seorang ekspatriat bukanlah sebuah keputusan yang mudah bagi setiap perusahaan. Selain membutuhkan beberapa persyaratan khusus seperti tingkat loyalitas, dan capabilities dari si employee, perusahaan haruslah mempunyai dana yang cukup untuk memenuhi tanggung jawab untuk membayar si karyawan.
Akhirnya banyak dari perusahaan yang terjun langsung untuk memilih sendiri karyawannya ketimbang “membeli” karyawan yang sudah jadi. Beberapa cara yang paling umum dan yang saya ketahui a.l.:
  • Advertisement
Maksud dari point ini adalah perusahaan memasang iklan pada beberapa jenis media sehingga memudahkan para jobseeker yang sedang membutuhkan lowongan untuk memenuhi panggilannya. Cara ini adalah yang paling umum digunakan oleh hampir setiap jenis perusahaan dari berbagai tingkatan. Media yang umum digunakan adalah.:
  • Cetak (terutama koran)
  • Radio
  • TV
  • Internet, dll.
  • Jasa Pencari Karyawan/Lowongan kerja
Terkadang perusahaan membutuhkan bantuan perusahaan lain untuk memenuhi kebutuhan mereka akan karyawan. Oleh karenanya ada jenis perusahaan yang memang mengkhusukan jasa mereka sebagai jembatan antara jobseeker dan perusahaan yang membutuhkan. Ada 2 jenis perusahaan yang umum bergerak di bidang ini, yaitu:
§  Perusahaan Outsourcing
Jenis perusahaan ini memang mengkhususkan diri mereka dalam mencarikan karyawan pada perusahaan yang sudah menjadi client mereka. Karyawan yang nantinya bekerja di perusahaan client akan bersifat sebagai karyawan kontrak/tidak tetap. Ada beberapa keuntungan dan kekurangan bila anda mencoba mencari pekerjaan dengan menggunakan jasa Outsoursing, seperti:
§  Keuntungan:
§  Kita akan lebih mudah untuk diterima kerja karena memang perusahaan client memang khusus menyewa perusahaan outsource kita untuk mencari employee
§  Kita tahu client-client apa saja yang menggunakan jasa outsource di tempat kita melamar lalu bisa meminta untuk disalurkan pada perusahaan tersebut. Hal ini berlaku pada beberapa perusahaan outsourcing. Jadi bila mungkin ada diantara anda yang memang ingin bekerja di perusahaan tertentu anda bisa lebih mudah bekerja di perusahaan tersebut
§  Jenis pekerjaan yang ditawarkan beragam
Ini salah satu keuntungan juga. Beragam jenis pekerjaan mulai dari low entry hingga level yang lebih tinggi ditawarkan oleh jasa outsourcing. Jadi anda dengan berbagai latarbelakang tingkat pendidikan pun bisa merasakan kesempatan yang sama untuk bekerja
§  Kekurangan:
§      Sifat kita yang kontrak, sehingga perusahaan dengan mudah melakukan pemutusan hubungan  kerja, tanpa memberikan pesangon. Sehingga merugikan di sisi karyawan
§     Pembagian gaji dengan jasa outsource. Perusahaan outsource mendapatkan keuntungan dari gaji karyawannya yang diterima di perushaan client. Besarnya beraneka ragam, tapi biasanya pemagiannya lebih besar untuk perusahaan outsourcing tersebut.
§    Kurangnya perhatian perusahaan pada karyawan yang bekerja sebagai karyawan outsource. Misalnya dari sisi tunjangan, tambahan biaya, yang seharusnya dinikmati oleh karyawan tetap tidak dinikmati oleh karyawan outsource.
§        Perusahaan Jasa Pencarian Lowongan Kerja
Jenis perusahaan ini sedikit berbeda dengan outsource. Perusahaan ini hanya mengkhususkan diri pada pemasangan iklan lowongan dari berbagai perusahaan. Tapi tidak ikut campur dalam hak dan kewajiban karyawan selama bekerja di perusahaan tersebut. Selain memasang iklan, calon karyawan juga diberikan training, dan seminar bagaimana menjadi karyawan yang baik, sambil memberikan pandangan yang positif. Beberapa contoh perusahaan ini antara lain JobStreet, JobsDB, dll.
  • Open Recruitment
Terkadang perusahaan ingin langsung mencari sendiri karyawan yang ingin dipekerjakannya. Open recruitment biasanya dibuka langsung di kampus-kampus, sehingga calon mahasiswa yang sudah siap lulus bisa langsung ikut seleksi untuk masuk perusahaan tersebut. Kampus yang dipilih selain memiliki credibility yang dinilai cukup layak dalam menelurkan calon karyawan siap pakai, juga sudah ada relationship khusus dengan perusahaan tersebut. Misalnya saja, pemimpin atau manajer dari perusahaan tersebut merupakan alumni dari kampus A sehingga biasa membuka Open Recruitment di kampus tersebut.
  • Job Fair
Sama halnya dengan Open Recruitment tapi biasanya perusahaan yang ikut bergabung jauh lebih banyak. Dalam job fair, biasanya langsung diadakan interview (walk in interview), bahkan ada beberapa yang langsung di terima dan keesokannya sudah bisa bekerja di perusahaan tersebut. Tips yang umum digunakan oleh para pencari kerja di Job Fair adalah menyiapkan surat lowongan yang banyak sehingga bisa langsung dimasukkan ke beberapa perusahaan sekaligus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar