DIANA
KASUS BAB 9
PROFIL PERUSAHAAN IKEA
IKEA
adalah sebuah perushaan ritel perabot untuk rumah dari Swedia. Pada musim
dingin 2004, terdapat 202 toko IKEA di 32 negara di berbagai belahan dunia
dengan sekitar 20 lagi yang akan dibuka pada 2005.Perusahaan ini didirikan Ingvar
Kamprad pada 1943 saat ia berusia 17 tahun yang sekarang sudah menjadi salah
satu orang terkaya di dunia. IKEA adalah singkatan dari namanya, Ingvar
Kamprad; tempat ia dilahirkan, Elmtaryd; dan desanya, Agunnaryd.ola.
Awalnya,
IKEA menjual berbagai barang, dari pulpen, dompet, bingkai foto, hingga jam
tangan. Perabotan mulai masuk ke dalam daftar pada 1947 dan IKEA mulai
merancang sendiri pada 1955.
Penjualan
pada mulanya dilakukan melalui pos dan kemudian sebuah toko dibuka di Älmhult
yang kemudian menjadi model toko IKEA untuk selanjutnya. Pada 23 Maret 1963,
toko IKEA pertama di luar Swedia dibuka di Asker, dekat Oslo, Norwegia.
Sejak
tahun 1997, Ikea telah meningkatkan jumlah toko menjadi 51. Perusahaan ini
terdiri dari 165 toko pada bulan Agustus 2003, dan ada rencana untuk membuka 16
toko baru di 2004 dan 2005. Namun, meskipun perusahaan membuka 14 toko baru
pada tahun 2003, pertumbuhan penjualan hanya 2,7%, terutama sebagai akibat dari
kondisi ekonomi tertekan di seluruh Eropa, wilayah inti bisnis perusahaan. (Pasar
Database Informasi Global, 2004)
Alasan-alasan
IKEA Masuk Indonesia
1. Memperluas
jaringan usaha di benua Asia khususnya Asia Tenggara.
Saat ini IKEA sudah memiliki
jaringan usaha di Malasyia dan Singapura dan IKEA ingin melakukan ekspansi
usaha di Indonesia untuk perluas pangsa pasarnya, dengan begitu IKEA memiki
jaringan usaha cukup luas di Asia Tenggara.
2. Karena
Indonesia telah menjadi negara pasar global.
Bisnis internasional pun tidak bisa
dihindari lagi karena Indonesia telah menjadi negara pasar global, sehingga
Indonesia pun tak luput menjadi sasaran perusahaan asing.
Tantangan-tantangan
IKEA masuk Indonesia
1. Perlu usaha
khusus untuk menciptakan kepercayaan terhadap produk IKEA di Indonesia.
Perlu
usaha khusus agar penduduk Indonesia percaya pada produk-produk dari IKEA,
karena di Indonesia sendiri sudah ada produk lokal yang menguasai pasar
Indonesia.
2. Srategi
pemasaran disesuaikan dengan karakteristik penduduk Indonesia.
Konsep
IKEA
IKEA ditemukan pada sebuah perusahaan furniture
dengan harga jual yang sangat rendah. IKEA mempunyai
jangkauan pasar yang sangat luas di seluruh dunia. Baik itu di Negara
berkembang maupun di Negara maju, dengan konsep penawaran menjual barang
furniture dengan harga jual sangat rendah. IKEA adalah
perusahaan furnitur kreatif dengan omset $ 10 miliar yang berbasis di Swedia.
Dengan lebih dari 230 toko di 23 negara.
Analisis
SWOT
Kekuatan
Produk
1.
Produk IKEA dikenal dengan rancangannya
yang modern dan kadang terbilang aneh. Salah satu prinsip IKEA adalah
mengurangi harga dengan berbagai cara tanpa mengurangi kualitas. Hal ini bisa
dilihat di toko-toko IKEA dan di katalognya dalam bentuk pertanyaan seperti
"Mengapa IKEA menjualnya tanpa dirakit?" atau "Mengapa IKEA
membuat sesuatu dalam jumlah besar?"
2.
Toko IKEA kebanyakan berbentuk balok
biru yang besar dengan jendela yang minim. Penataannya pun biasanya diatur
sedemikian rupa agar pengunjung datang dan masuk ke bagian ruang pamer untuk
melihat berbagai produk, kemudian ke market-hall tempat barang-barang kecil,
lalu ke gudang untuk mengambil perabot yang akan dibeli dan akhirnya tiba di
kasir. Jalur yang dibuat mengarahkan pengunjung untuk melewati seluruh toko dan
tersedia pula berbagai jalan pintas yang agak kecil. Biasanya, toko terdiri
dari dua lantai dengan ruang pamer (show room) dan market-hall di atas dan
gudang di bawah. Selain itu di IKEA store sendiri terdapat pula restoran yang
menjual makanan Swedia termasuk Bakso Swedia yang khas.
3.
IKEA memiliki merek yang dikenal secara
internasional yang kuat menarik kelompok kunci pelanggan demografis.
4.
Model bisnis IKEA adalah unik dalam
konstruksi dan eksekusi dengan kompetisi langsung.
5.
Sukses telah diukir dari nilai harga
arsitektur menawarkan kepada pelanggan produk-produk inovatif dan fungsional.
6.
Meskipun
operasi gudang besar IKEA beroperasi ada tingkat dari pengetahuan khusus dalam
bidang produk utama dimana pembelian lebih dipertimbangkan dan memerlukan
bantuan seperti instalasi dapur.
Kelemahan
Sementara merek internasional ada tingkat
ketergantungan pada pasar Eropa dengan 90% dari toko yang berbasis di Eropa dan
sisanya di seluruh Amerika, Timur Tengah dan Asia.
Walaupun
modelnya mempromosikan harga rendah telah diidentifikasi ada tingkat rendah
terkait layanan pelanggan, ini menunjukkan ada kebutuhan untuk bekerja pada
pelayanan untuk memastikan pengalaman belanja yang lengkap dan memastikan
bisnis yang berulang dalam basis pelanggan.
Sebagai
reaksi terhadap pergerakan pasar pengembangan E-commerce telah diperlukan untuk
bersaing dalam dunia teknologi modern namun ada juga menjadi pertimbangan
gerakan ke ritel multi-channel bergerak menjauh dari visi mendasar dari
pelanggan bisa melihat dan menyentuh produk.
Peluang
IKEA
bergerak dari International untuk status global melalui pengembangan model Asia
dan Eropa Timur.
Produk
tradisional untuk IKEA telah memiliki nilai di benak konsumen, harga produk
volume rendah tinggi namun pada perjalanannya ke pertengahan dan titik harga yang lebih
tinggi akan melihat kesempatan untuk memindahkan pangkalan demografi dan
meningkatkan nilai rata-rata dengan keranjang ketergantungan kurang pada
kelompok demografis yang terbatas.
Meskipun
terdapat asosiasi-asosiasi negatif dalam pengembangan situs E-commerce IKEA ada
peluang terkait untuk mencapai pertumbuhan dan meningkatkan tingkat layanan
pelanggan sebagai kemampuan transaksional tambahan akan mengurangi tekanan dari
toko untuk tingkat tertentu.
Ancaman
Dalam pertumbuhan pasar ritel yang kompetitif
pengecer utama mulai mencerminkan model nilai biaya furnitur rendah dikemas
datar yang akan berdampak pada daya apung dari IKEA.
Dengan kekhawatiran ekonomi selama disposable
income meningkatnya biaya hidup dan depleting ada ancaman secara keseluruhan
kinerja bisnis di Inggris dan pasar Amerika secara khusus.
Strategi Perusahaan IKEA
Aktivitas
perusahaan ada dua
a. Aktivitas utama
meliputi kegiatan logistik, pabrikasi/operasional, pemasaran dan penjualan dan pelayanan
pelanggan.
b. Aktivitas
pendukung meliputi infrastruktur perusahaan, manajemen sumber daya manusia,
pengembangan teknologi.
Manajer
harus dapat meneliti kebudayaan, situasi politik dan kenegaraan, serta
lingkungan ekonomi.
Dalam mendirikan suatu perusahaan perlu
dilakukan suatu perencanaan & strategi kemudian dibuat SWOT nya.
Mengidentifikasikan tujuan dan misi perusahaan. Pada tingkat bisnis ada 3
strategi yang dilakukan : low cost, differentiation, dan focus strategi.
Proses
mengidentifikasi dan memilih sasaran serta memutuskan yang terbaik bagi
organisasi dan bagaimana organisasi akan mampu mencapai sasaran itu, ini
disebut dengan perencanaan. Sedangkan, strategi adalah kesatuan tindakan yang
direncanakan dan diambil oleh manajer untuk membantu perusahaan menemukan
sasarannya.
Ada 2 langkah
analisa dan identifikasi pada proses perumusan strategi:
a. Mengidentifikasi
tujuan dan misi perusahaan , misi adalah pernyataan yang ditulis tentang
mengapa suatu perusahaan ada dan apa yang mereka rencanakan untuk memenuhi
tujuan itu.
b.
Mengidentifikasi
kemampuan inti perusahaan dan nilai tambah yang akan mereka lakukan untuk
menciptakan aktivitas.
Kemampuan inti adalah kemampuan khusus dari perusahaan
yang sulit ditemukan pesaing dan sulit ditiru oleh pesaing.
Strategi
Perusahaan IKEA
1.
Produk
Produk IKEA
dikenal dengan rancangannya yang modern dan kadang terbilang aneh. Salah satu
prinsip IKEA adalah mengurangi harga dengan berbagai cara tanpa mengurangi
kualitas.
2. Toko
Toko
IKEA kebanyakan berbentuk balok biru yang besar dengan jendela yang minim.
Penataannya pun biasanya diatur sedemikian rupa agar pengunjung datang dan
masuk ke bagian ruang pamer untuk melihat berbagai produk, kemudian ke
market-hall tempat barang-barang kecil, lalu ke gudang untuk mengambil perabot
yang akan dibeli dan akhirnya tiba di kasir. Jalur yang dibuat mengarahkan
pengunjung untuk melewati seluruh toko dan tersedia pula berbagai jalan pintas
yang agak kecil.
Biasanya, toko
terdiri dari dua lantai dengan ruang pamer (show room) dan market-hall di atas
dan gudang di bawah. Selain itu di IKEA store sendiri terdapat pula restoran
yang menjual makanan Swedia termasuk Bakso Swedia yang khas.
3.
Mengubah Markas
Sampai
September 2001, perusahaan ini berkantor pusat di Denmark tetapi karena masalah
seperti koneksi penerbangan miskin, keputusan dibuat untuk pindah Grup
manajemen, keuangan dan departemen treasury ke Leiden di Belanda dan seluruh
departemen kantor pusat ke Swedia.
Pindah ke Belanda dibenarkan sebagai perusahaan induk Ikea itu sudah
memiliki kantor terdaftar di Belanda karena kebijakan pemerintah yang
menguntungkan yang menguntungkan perusahaan atas dan di atas negara lain di
Eropa, dan Swedia adalah dimana perusahaan berasal. Swedia juga memainkan peran penting dalam
strategi pemasaran Ikea itu. Strategi
Ikea telah membangun reputasinya melalui di-rumah desain furnitur murah, dan
sudah termasuk pembentukan operasi distribusi dan manufaktur untuk melengkapi
bisnis ritel. Pergeseran strategi
perusahaan telah, untuk sebagian besar, terbukti sangat sukses dan
menguntungkan, dan telah memungkinkan perusahaan untuk lebih menyelaraskan diri
pada isu-isu di pasar utama di daratan Eropa dan Skandinavia.
4. Harga
rendah
harga
rendah tidak menarik kecuali itu merupakan nilai terbaik untuk uang. Di sinilah
IKEA mampu membuat perbedaan nyata. IKEA berkomitmen untuk memiliki hubungan
baik dengan pemasok dan dapat membeli quaility baik, desain ekonomis diproduksi
yang dibeli dalam jumlah besar untuk menjaga harga turun. Dengan demikian hal
ini dapat mengurangi biaya transportasi dan perakitan.
5 fungsi
Produk
IKEA didasarkan pada pendekatan fungsional untuk desain. IKEA desain berarti
produk yang menarik, praktis dan mudah digunakan. Mereka tidak memiliki fitur
yang tidak perlu, mereka memberikan solusi asli untuk kebutuhan home furnishing
khusus dan terbuat dari bahan yang paling cocok untuk tujuan mereka.
6
kualitas yang tepat
Kualitas
produk harus sesuai untuk penggunaan yang dimaksudkan. Misalnya tidak ada
kebutuhan untuk panel belakang mahal di rak buku jika alternatif yang lebih
murah melakukan pekerjaan yang baik yang selama rak buku digunakan untuk tujuan
itu dimaksudkan untuk. Produk IKEA dikenakan tes ketat untuk memastikan bahwa
mereka memenuhi standar keselamatan nasional dan internasional.
7
nyaman belanja
Toko
IKEA menawarkan "segala sesuatu di bawah satu atap", sebagian besar
tersedia untuk segera dibawa pulang. IKEA menawarkan layanan di mana Anda
membutuhkannya, tetapi memungkinkan pelanggan untuk membuat sebagian besar
keputusan sendiri. Ini berarti bahwa kita harus membuatnya mudah untuk memilih
produk yang tepat dengan menampilkan mereka dengan benar, menggambarkan mereka
secara akurat dan memiliki kebijakan pengembalian sederhana.
8 hari
keluar untuk seluruh keluarga
IKEA
tujuan untuk menjaga pelanggan kami dengan perencanaan untuk kebutuhan mereka.
Kita tidak hanya memberikan inspirasi dan ide, tapi kami juga mendorong orang
untuk menyentuh, merasakan dan menggunakan produk yang dipamerkan untuk melihat
bagaimana mereka akan masuk ke dalam rumah mereka sendiri. Kami memiliki produk
baru tiba sepanjang waktu, tema musiman, area bermain untuk anak-anak, acara
khusus dan restoran nilai besar keluarga.
9 Swedia
IKEA
IKEA
kunci pesan semua memiliki akar dalam asal Swedia IKEA. Furnitur Swedia ringan
dan segar namun bersahaja. Gaya Swedia menyambut hangat telah menjadi model
kesederhanaan, kepraktisan, dan informalitas yang sekarang terkenal dunia.
10. merek
penelitian
Untuk
tetap di garis depan perubahan pasar kita perlu penelitian sebanyak pada
pelanggan, sektor home furnishing dan pesaing kami, mungkin. Berbagai bidang riset pasar, laporan dan
statistik internal dan eksternal dipertimbangkan ketika merencanakan setiap
komunikasi atau kampanye pemasaran.
11. Inggris departemen pemasaran
IKEA
iklan di Inggris ini dimaksudkan untuk meningkatkan kesadaran akan merek IKEA
dan mengarahkan lalu lintas ke toko.
Beberapa orang menyukai gaya kami yang unik dari iklan ritel, beberapa
membencinya, tapi semua orang yang melihat iklan kami memiliki pendapat yang
kuat dan kemudian itu menimbulkan percakapan dan perdebatan. Meskipun memiliki beberapa kampanye televisi
yang paling controvertial iklan di Inggris, kami telah meningkatkan kesadaran
merek kami, biarkan orang tahu kita beda dengan perusahaan home furnishing
lainnya dan penjualan yang paling penting meningkat. Departemen periklanan mencakup semua aspek
dari iklan dan komunikasi merek dari iklan televisi dan sponsor untuk promosi
majalah dan radio. Iklan digunakan untuk
mendukung berbagai bidang usaha termasuk kesadaran merek, tema toko, tetes
katalog dan pembukaan toko.
12 ruang
majalah
Ini adalah majalah IKEA Eropa yang
tersedia di semua toko di Eropa. Hal ini
juga dikirimkan kepada 150.000 Depan pemegang Kartu IKEA di Inggris. Ini berisi fitur gaya hidup pada pelanggan
IKEA dan bagaimana mereka hidup, berita produk, dan tips dan ide untuk
rumah. Demikian pula untuk katalog, ini
diproduksi terpusat, tetapi setiap negara memiliki kontrol dari jumlah halaman
untuk berkomunikasi negara mereka pesan tertentu.
13 IKEA
Pelayanan Makanan
Restoran
IKEA yang penting dalam menyediakan pelanggan kami tempat untuk makan dan
bersantai sambil berbelanja. Ada 3
konsep yang berbeda menawarkan makanan di IKEA toko di Inggris saat ini. Restoran utama melayani makanan berdasarkan
warisan Swedia kami, dengan hidangan tradisional seperti Gravadlax dan bakso
dengan nikmat Lingonberry. Ada juga
daerah bistro yang menjual makanan ringan lokal seperti; hot dog di Inggris,
baguette di Perancis, dan pizza di Italia. IKEA Swedia pasar pangan juga di
setiap toko dan mendorong pelanggan untuk membawa pulang rasa Swedia. Beragam makanan tradisional Swedia membantu
pelanggan memahami asal Swedia kami dan juga hidup sampai janji harga murah
kami.
14
Internet
IKEA.com
adalah situs global di mana Anda memiliki gambaran tentang IKEA sebagai sebuah
perusahaan. Dari situs global adalah
mungkin untuk mengakses semua situs lokal.
Salah satu tugas utama dari internet adalah untuk menampilkan informasi
produk dan ketersediaan yang diperbarui terus-menerus. Latar belakang informasi tentang perusahaan
dan menyimpan informasi juga penting.
Setiap toko juga memiliki ruang mereka sendiri dengan rincian kontak dan
arah, peristiwa, penawaran khusus dan informasi lokal.
15
komunikasi dan desain interior
Com-in
adalah "unik" sumber daya yang bekerja secara aktif untuk mengamankan
keunggulan kompetitif kami melalui pengembangan konsep IKEA ritel dan toko
sebagai media. Semua Com-spesialis yang
baik dari latar belakang desain interior atau visual merchandising, dan
bertanggung jawab untuk presentasi atau produk kami menawarkan menggunakan
semua media presentasi kisaran saat ini dan teknik. Komite, di departemen memberikan inspirasi toko
dan vitalitas dan bekerja sama dengan penjualan toko dan tim logictics untuk
memastikan pelanggan kami selalu melihat sesuatu yang baru dan menarik, dan
ingin kembali lagi dan lagi.
16
hubungan masyarakat
Perhatian utama dari fungsi ini
adalah untuk melindungi identitas IKEA perusahaan tetapi juga untuk
berkomunikasi visi, ide bisnis, nilai merek, konsep dan merek dagang. Dengan menginformasikan wartawan berita dan informasi
dalam IKEA melalui siaran pers, informasi website, distribusi katalog dan
peluncuran produk, kami dapat berkomunikasi dengan khalayak yang besar melalui
pembaca mereka.
17.
strategi pemasaran
Sukses Ikea didasarkan pada strategi pemasaran
utama yang tetap sama di seluruh dunia, yang meliputi sebuah katalog yang
dicetak dalam 17 bahasa, untuk 28 negara, dan penggunaan warna-warna bendera
Swedia biru dan kuning di logo Ikea. Ini
dikombinasikan dengan penekanan pada kebebasan dan pilihan pelanggan dalam hal
membeli dan mengambil produk rumah, dan harga murah dimaksudkan untuk
menciptakan "penjualan" mentalitas di kalangan pelanggan.
Strategi harga
yang agresif ditambah, dengan katering jajaran produk yang luas untuk setiap
gaya hidup potensial dan tahap kehidupan konsumen, terbaik dapat meringkas
resep perusahaan untuk sukses. Fakta
bahwa Ikea menargetkan semua kelompok umur dan rumah tangga membuat sebuah
proposisi menarik bagi spektrum yang luas dari konsumen domestik, khususnya di
kalangan pasar ritel tertekan, seperti Eropa saat ini.
Kesimpulan
Sebuah
perkembangan yang mantap dari bisnis ritel Ikea tampaknya menjadi fokus bagi
perusahaan dalam waktu dekat, dengan strategi tidak mungkin untuk memasukkan
ekspansi yang agresif ke wilayah baru, melainkan membangun dan mengembangkan di
tua. (Ikea Inggris, 2005) Namun,
beberapa perubahan dapat dilihat dengan perkembangan e-commerce, yang dalam
jangka panjang, hal ini mungkin memiliki efek merugikan pada pendapatan dari
batu bata dan mortir toko Ikea, tetapi efek positif pada omset untuk perusahaan
secara keseluruhan, dan dengan demikian adalah contoh utama bagaimana
perusahaan menyelaraskan sendiri untuk mengatasi ancaman kunci untuk toko
tradisional. Konsumen mungkin menemukan
belanja internet lebih baik, karena reputasi Ikea berarti bahwa mereka sudah
yakin akan kualitas dan pengerjaan dari Ikea produk, yang bertentangan dengan
keyakinan sekarang dari Ikea bahwa pelanggan harus bisa merasakan dan memeriksa
kualitas produk sebelum membeli .
Ikea juga telah menerapkan strategi
ekspansi berbasis agresif selama beberapa tahun terakhir, meskipun kelemahan
pasar konsumen eksternal berarti bahwa pertumbuhan penjualan selama beberapa
tahun berikutnya harus tetap relatif sederhana.
Dear
BalasHapusImport Dept/purchasing
Kami dari PT. Global Indotrans Logistics, adalah sebuah Perusahaan yang bergerak di bidang Expedisi International Freight Forwarders untuk pengurusan Import kepada kepabean (PPJK). Baik via laut maupun via udara yang berdomisili di Jakarta dan kami siap membantu segala kebutuhan yang berhubungan dengan proses Kepabeanan, Customs Clearance, Borongan (All in) Door To Door Undername Import - Expor, Domestic maupun Transportasi barang ke seluruh wilayah Indonesia dan Internasional.
I. Jasa Customs Clearance
Adapun kegiatan / layanan utama kami saat ini adalah sebagai berikut :
- Under Name Export & Import Udara
- Under Name Export & Import Laut FCL/ LCL
- Customs Clearance kedua Laut dan kargo Udara ( Ex-Lisensi)
- Transportasi Laut FCL/ LCL
- Import Borongan (all in)
- Angkutan Darat ( Inland truk, Kereta Api)
- Cargo pengawasan
- Pergudangan dan penyimpanan
- Penyelesaian biaya / tagihan asuransi, biaya angkutan ( Darat, Laut, Udara) dan lainnya yang berhubungan dengan Export & Import.
II. Jasa Undername
Agar dapat terlaksananya kegiatan importasi diperusahaan Bapak/Ibu yang belum memiliki Lisensi Import
Jika Perusahaan Bapak/Ibu belum mempunyai IZIN IMPORT (API, NIK atau izin lainnya) dapat menggunakan Undername Perusahaan kami sebagai Consignee.
Fasilitas Undername yang kami sedia:
- N P W P
- A P I-U
- S R P/N I K
- N P I K
- IT Elektronik
- IT SPI-BESI/BAJA
III. BAG HS CODE ( LEGALITAS IMPORT UNDERNAME )
- BAG IV ( HS NO. 1601 s/d 2403 ) Bahan Makanan & Minuman
- BAG V ( HS NO. 2501 s/d 2716 ) Produk Mineral
- BAG VI ( HS NO. 2801 s/d 3826 ) Bahan Kimia ( Chemical )
- BAG VII ( HS NO. 3901 s/d 4017 ) Plastik & Barang dari Plastik
- BAG X ( HS NO. 4701 s/d 4911 ) Kayu mekanik
- BAG XI ( HS NO. 5001 s/d 6310 ) Textile & Barang Textile
- BAG XII ( HS NO. 6401 s/d 6704 ) Karet atau plastik
- BAG XIII ( HS NO. 6801 s/d 7020 ) Batu & Produk Keramik
- BAG XIV ( HS NO. 7101 s/d 7118 ) Logam mulia ( Besi & Baja )
- BAG XV ( HS NO. 7201 s/d 8311) Besi dan besi cermin
- BAG XVI ( HS NO. 8401 s/d 8548 ) Mesin & Peralatan Mekanis
- BAG XVII ( HS NO. 8601 s/d 8908 ) Kendaraan & Perlengkapannya
- BAG XVIII ( HS NO. 9001 s/d 9209 ) Lensa dan cermin
- BAG XXI ( HS NO. 9701 s/d 9803 ) Seni & Kolektor
- BAG XX ( HS NO. 9401 s/d 9619 ) Hasil Pabrik
III. Jasa Transportasion
PT. Global Indotrans Logistics, melayani pengiriman/distribusi barang domestics ke-seluruh Nusantara. Covarage Area Distribusi Domestics PT. Global Indotrans Logistics, adalah:
Jakarta - Jawa - Bali - Sumatera - Kalimantan Via Darat, Laut, Udara, dan kami juga mempunyai cabang di beberapa daerah.
Catatan :
- Jasa yang kami ajukan sudah termasuk biaya Transfer EDI (PIB) dan Pemeriksaan Jalur Merah.
- Bila barang tidak sesuai dengan pemberitahuan/ Packing list diluar tanggung jawab kami.
Adapun daerah operasional Kami sebagai berikut:
- Bandara Internasional Soekarno-Hatta
- Pelabuhan Tanjung Priok ( Jakarta )
- Pelabuhan Tanjung Perak ( Surabaya )
- Pelabuhan Tanjung Emas ( Semarang )
- Pelabuhan Belawan ( Medan )
Demikian penawaran ini kami sampaikan, Besar harapan kami semoga penawaran ini dapat terwujud dalam bentuk kerjasama, sehingga dapat menguntungkan kedua belah pihak. Atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.
RIKI ZULIAN PUTRA
EXCECUTIVE IMPORT
PT. GLOBAL INDOTRANS LOGISTICS
Jl. Raya Otista No 141 Jakarta Timur 13330 Indonesia
Phone : 021 - 8591 8605
Fax : 021 - 8590 5807
Call/ WA : 0822 9856 5551
Email : Apirizky@gmail.com