Latar Belakang
Bridgestone Tire Co, Ltd didirikan pada tahun 1931. Sebagai
industri otomotif Jepang tumbuh Bridgestone Grup berkembang menjadi produsen
ban terbesar di Jepang. Perusahaan ini juga aktif diperluas di luar negeri,
khususnya di Asia. Pada tahun 1988, perusahaan mengakuisisi The Firestone Tire
& Rubber Company, sebuah perusahaan global, dan ini berubah Bridgestone
menjadi salah satu dunia ban terbesar dan perusahaan karet.
Berdasarkan informasi yang diberikan, perusahaan pasti
terintegrasi secara vertikal untuk memasukkan pengembangan, produksi,
pemasaran, dan distribusi ban. Itu operasi perusahaan termasuk, "Ban dan
tabung untuk mobil penumpang, truk dan bus, konstruksi dan kendaraan
pertambangan, mesin industri, mesin pertanian, pesawat, sepeda motor dan
skuter, dan bagian otomotif lainnya, bahan dan jasa vulkanisir, pemeliharaan
otomotif dan jasa perbaikan, bahan baku untuk ban, dan produk lainnya.
"Grup Bridgestone saat ini mengoperasikan 179 fasilitas
produksi yang berlokasi di 25 negara. Perusahaan ini menjual produk di lebih
dari 150 negara di seluruh dunia. Jaringan penjualan adalah salah satu yang
terbesar di dunia. Perusahaan ini berusaha untuk memberikan langsung, penjualan
pribadi dan layanan teknis kepada pelanggan di seluruh dunia.
BRIDGESTONE
CORPORATION INTEGRASI VERTIKAL STRATEGI
"Bridgestone Corporation adalah
ban dan produk karet terkait produsen yang berbasis di Jepang. Perusahaan ini
terlibat dalam pengembangan, manufaktur, dan menjual ban dan tabung untuk
kendaraan penumpang seperti mobil dan bus, truk, kendaraan industri, mesin
pertanian, pesawat, dan sepeda motor di 150 negara di seluruh dunia.
Bridgestone juga memproduksi dan menjual produk-produk terkait ban, bersama
dengan menyediakan perawatan otomotif dan layanan perbaikan. Selanjutnya,
perusahaan juga terlibat dalam menyediakan produk-produk kimia dan industri di
seluruh dunia. Perusahaan tersebut melakukan usahanya dalam dua kegiatan usaha
bisnis, yaitu segmen ban dan segmen Produk Diversified ". (Dari:
Bridgestone Financial
Corporation tinjauan analisis strategis).
Segmen rantai nilai industri perusahaan melakukan yang
terbaik diringkas sebagai berikut, "Operasi Bridgestone Grup rentang
kegiatan hulu dan hilir, melakukan kita ke penyebaran sumber daya yang luas
pada basis global untuk membangun bisnis yang membentang dari sumber bahan baku
dengan penjualan produk akhir.
Manajemen yang efektif dan efisien ini sumber daya
memungkinkan kita untuk mengembangkan produk dan layanan pasokan yang sangat
kompetitif di pasar global dan menyediakan pelanggan kami dengan kualitas yang
mereka telah datang ke harapkan dari Bridgestone.
"Menurut perusahaan, isu kunci untuk masa depan akan
memfokuskan sumber daya pada satu tujuan, "sistem yang mampu menyediakan
pelanggan dengan produk berkualitas tinggi menciptakan dan jasa seefisien
mungkin. "Tantangan ini dikenal sebagai" total optimasi. Perusahaan
bekerja pada penguatan semua aspek dari rantai pasokan, dari perencanaan produk
dan pengembangan usaha untuk bahan baku dan pengadaan peralatan, produksi dan
distribusi.
Aspek penting lain
dari upaya perusahaan untuk mencapai jumlah optimasi adalah untuk meningkatkannya
saing melalui investasi berkelanjutan dalam keterampilan karyawan, terlepas
dari mana mereka bekerja di Grup Bridgestone. Perusahaan juga berkomitmen untuk
memiliki terkoordinasi program kegiatan adalah untuk mengurangi dampak
lingkungan dari proses bisnis yang terkait dengan strategi integrasi vertikal.
Strategi integrasi vertikal adalah satu
di mana satu perusahaan beroperasi pada lebih dari satu tingkat dari saluran
distribusi. Saluran distribusi dimulai dengan produsen yang membuat produk.
Produsen menjual produk ke pedagang grosir. Si pedagang menjual ke pengecer,
yang akhirnya menjual kepada pelanggan akhir. Ketika produsen menjual langsung
ke konsumen akhir, menggunakan integrasi ke depan vertikal. Ketika grosir atau
produsen pengecer, menggunakan integrasi ke belakang vertical.
Sebagai
bagian dari strategi integrasi vertikal, Bridgestone Corporation adalah
dukungan dan memperkuat jaringan ritel di Eropa, Cina dan pasar utama lainnya.
Di Amerika Serikat, saluran ritel milik perusahaan yang mapan, dan fokus akan
ekspansi ke daerah tambahan demografis diinginkan. Di Jepang, mereka telah
mengambil langkah-langkah untuk memperkuat saluran ritel, dan dalam hubungannya
dengan perubahan terbaru dalam lingkungan pasar, mereka melanjutkan dengan
pembangunan saluran disesuaikan dengan kebutuhan saat ini.
Selanjutnya, Bridgestone membuka
pertama Hijau Pit ban dapat menyimpan pada tahun 2008 menawarkan saluran
sebagai respon terhadap perubahan besar dalam lingkungan pasar eksternal. Ini
inisiasi Bridgestone terutama membahas beberapa perubahan dalam lingkungan
seperti komposisi pelanggan (peningkatan jumlah warga senior yang mengemudi),
perubahan dalam kesadaran pelanggan tentang masalah lingkungan dll Selain ini
sebagai bagian dari strategi integrasi vertikal mereka, Bridgestone Perusahaan
membeli perkebunan karet Indonesia pada tahun 2005.
Selain itu, perusahaan menandatangani
perjanjian jangka yang sangat panjang untuk mengamankan pasokan komoditas
dibatasi - mengurangi risiko pasokan, tetapi berpotensi dengan biaya yang lebih
tinggi atau fleksibilitas berkurang karena perubahan kondisi pasar.
"Pada bulan Agustus 2005, Bridgestone mengumumkan pembelian 95% saham Goodyear di Goodyear Sumatra Plantations, untuk sekitar $ 62USm. Bridgestone mengumumkan bahwa perkebunan akan diganti sebagai PT Bridgestone Sumatera Rubber Estate. Pembelian ini inisiatif, yang merupakan bagian dari strategi integrasi ke belakang perusahaan, akan menjamin pasokan karet alam untuk Bridgestone. Pada bulan Mei 2006, Bridgestone mengumumkan rencana untuk mendirikan pabrik produksi baru di Meksiko untuk pembuatan karbon hitam. Tanaman ini, yang akan didirikan dengan investasi $ 81USm, dijadwalkan untuk memulai produksi pada bulan Juni 2008, dengan kapasitas tahunan sekitar 35.000 ton. Inisiatif ini merupakan bagian dari perusahaan strategis diprogram untuk memperluas kapasitas produksi di-rumah dari bahan baku untuk ban dan produk diversifikasi. Dengan berdirinya pabrik baru ini, perusahaan mengharapkan untuk memperkuat kemampuannya untuk menyediakan pasokan yang stabil dari bahan baku.
"Pada bulan Agustus 2005, Bridgestone mengumumkan pembelian 95% saham Goodyear di Goodyear Sumatra Plantations, untuk sekitar $ 62USm. Bridgestone mengumumkan bahwa perkebunan akan diganti sebagai PT Bridgestone Sumatera Rubber Estate. Pembelian ini inisiatif, yang merupakan bagian dari strategi integrasi ke belakang perusahaan, akan menjamin pasokan karet alam untuk Bridgestone. Pada bulan Mei 2006, Bridgestone mengumumkan rencana untuk mendirikan pabrik produksi baru di Meksiko untuk pembuatan karbon hitam. Tanaman ini, yang akan didirikan dengan investasi $ 81USm, dijadwalkan untuk memulai produksi pada bulan Juni 2008, dengan kapasitas tahunan sekitar 35.000 ton. Inisiatif ini merupakan bagian dari perusahaan strategis diprogram untuk memperluas kapasitas produksi di-rumah dari bahan baku untuk ban dan produk diversifikasi. Dengan berdirinya pabrik baru ini, perusahaan mengharapkan untuk memperkuat kemampuannya untuk menyediakan pasokan yang stabil dari bahan baku.
Meskipun Bridgestone Corporation
bekerja untuk memperkuat vertikal; integrasi, dengan penekanan pada penggunaan
terpadu dan efektif sumber daya dari hulu ke hilir dan telah mengambil
inisiatif jelas untuk memasok produk akhir manufaktur melalui proses produksi
berkualitas tinggi yang efisien yang terintegrasi dari bahan baku sampai barang
jadi. Tapi nilai industri segmen rantai besar perusahaan memilih untuk
melakukan strategi integrasi forwarding dimana perusahaan membangun outlet
ritel intensif di 150 negara termasuk Amerika Utara, Eropa dan Asia.
Manfaat utama dari strategi integrasi
vertikal untuk Bridgestone Corporation adalah :









Manfaat lain
kunci dari strategi integrasi vertikal yang memungkinkan produksi massal.
Selain itu, harga bahan baku akan naik dengan cepat. keuntungan kompetitif yang
berkelanjutan.
Salah satu kelemahan utama untuk Bridgestone
Corporation adalah
:

Bridgestone Corporation adalah sekarang
tambahan bertanggung jawab atas cacat ban dan ketidaksempurnaan dalam pakaian
dan kerusakan karena mereka sekarang memiliki hampir semua lapisan rantai nilai
industri. Integrasi
vertikal, maju atau mundur, masuk akal strategis hanya jika memperkuat posisi
perusahaan baik melalui pengurangan biaya atau penciptaan keunggulan berbasis
diferensiasi. Jika tidak, kekurangan dari integrasi vertikal (peningkatan
investasi, risiko bisnis yang lebih besar, peningkatan kerentanan terhadap
perubahan teknologi, fleksibilitas kurang dalam melakukan perubahan produk, dan
potensi konflik saluran) cenderung
Lebih besar daripada
keuntungan yang di dapat.
Sebuah keuntungan utama yang dicari
oleh perusahaan yang masuk ke integrasi vertikal adalah kontrol lebih besar
atas rantai nilai. Ketika pengecer memutuskan untuk mengakuisisi atau
mengembangkan bisnis manufaktur, mereka mendapatkan kontrol lebih besar atas
bagian produksi proses distribusi. Demikian pula, ketika produsen melakukan
kegiatan distribusi atau ritel, ia memiliki kontrol lebih besar atas cara
produk disajikan dan pada harga berapa itu dijual di pasar.
Integrasi vertikal juga biasanya
menawarkan secara signifikan kemampuan untuk mengontrol biaya selama proses
distribusi. Dalam proses distribusi tradisional, setiap langkah dalam gerakan
produk melibatkan mark-up sehingga reseller bisa mendapatkan keuntungan. Dengan
menjual langsung kepada pembeli akhir, produsen dapat "menghilangkan orang
tengah," menghapus satu atau lebih langkah dari mark-up di sepanjang
jalan. Sebuah entitas tunggal mengelola proses distribusi juga memiliki
kemampuan lebih untuk mengoptimalkan pemanfaatan sumber daya dan menghindari
biaya terbuang. Biaya transportasi yang lebih rendah yang umum.
Beberapa perusahaan yang terlibat dalam
integrasi vertikal semata-mata untuk meningkatkan keunggulan dalam persaingan
dan untuk memblokir pesaing dari mendapatkan akses ke sumber daya yang langka
atau pasar yang penting. Seorang pengecer mungkin membeli sebuah perusahaan
manufaktur, misalnya, untuk mendapatkan akses ke teknologi eksklusif, paten
atau sumber daya yang tersedia di daerah perusahaan. Sebuah perusahaan
manufaktur dapat memasukkan distribusi atau ritel untuk mendapatkan akses
langsung ke pelanggan dalam
pasar yang sangat kompetitif sebelum pesaing manufaktur dilakukan.
Integrasi vertikal memberikan
perusahaan akses ke lebih input produksi, distribusi dan sumber daya proses dan
saluran ritel. Masing-masing menawarkan kesempatan bagi perusahaan untuk
membedakan diri dari pesaing melalui pemasaran yang efektif. Seorang pengecer
bisa lebih cepat beradaptasi dengan perubahan kebutuhan pelanggan jika memiliki
manufaktur atau produksi perusahaan yang membuat produk-produknya.
Misi Bridgestone Group didasarkan pada kata-kata
pendirinya: ". Melayani Masyarakat dengan Superior Quality" Untuk
memenuhi misi ini, Bridgestone Group telah menggunakan konsep "dasar"
untuk menunjukkan komitmen yang berkesinambungan dari karyawan untuk
menyediakan pelanggan dengan kelas dunia produk dan layanan dan untuk melayani
masyarakat di mana Bridgestone melakukan bisnis. "Bridgestone
Essence" yang terdiri dari kata-kata, budaya perusahaan terintegrasi dan
keragaman kita bahwa perusahaan saat ini telah mewarisi dan rasa berbagi
nilai-nilai yang dapat dianut oleh karyawan Bridgestone di seluruh dunia.
References:
References:
terima kasih, sangat membantu artikelnya, salam kenal...
BalasHapusApabila Anda mempunyai kesulitan dalam pemakaian / penggunaan chemical , atau yang berhubungan dengan chemical,oli industri, jangan sungkan untuk menghubungi, kami akan memberikan konsultasi kepada Anda mengenai masalah yang berhubungan dengan chemical.
BalasHapusSalam,
(Tommy.k)
WA:081310849918
Email: Tommy.transcal@gmail.com
Management
OUR SERVICE
Boiler Chemical Cleaning
Cooling tower Chemical Cleaning
Chiller Chemical Cleaning
AHU, Condensor Chemical Cleaning
Chemical Maintenance
Waste Water Treatment Plant Industrial & Domestic (WTP/WWTP/STP)
Degreaser & Floor Cleaner Plant
Oli industri
Rust remover
Coal & feul oil additive
Cleaning Chemical
Lubricant
Other Chemical
RO Chemical